Bakal Calon Bupati Dr. Firman Dandy S.E M.Si Sajikan Visi Transformasi Aceh Timur 2024-2029

oleh -1372 Dilihat
oleh

Aceh Timur|Bitranusantara.co.id – Dr. Firman Dandy S.E M.Si, bakal calon bupati Aceh Timur, memaparkan visi dan misinya untuk membangun Aceh Timur selama periode 2024-2029. Pria kelahiran Rantau Peureulak pada 21 November 1977 ini menegaskan komitmennya untuk mewujudkan Aceh Timur yang BERIBADAH (Berilmu, Cerdas, Islami, Bahagia, Damai, dan Barokah).

Dr. Firman Dandy S.E M.Si, yang meraih gelar Doktor dalam Program Studi Perencanaan Pembangunan dari Universitas Sumatera Utara (USU) dan menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni Universitas Samudera (IKA Unsam), menjelaskan bahwa visinya ini bertujuan untuk membangun fondasi yang kuat guna mencapai cita-cita besar Aceh Timur Meusaneut (ATM) pada tahun 2045.

Visi dan Misi Dr. Firman Dandy S.E M.Si :

  1. Pendidikan Berbasis Syariat Islam: Dr. Firman Dandy S.E M.Si berkomitmen memperkuat pendidikan nonformal berbasis Dayah dengan memfasilitasi metode entrepreneurship bagi guru-guru pengajian. Ia juga menegaskan pentingnya peran ulama dalam setiap pengambilan kebijakan daerah.
  2. Pemerintahan Profesional: Dr. Firman Dandy S.E M.Si berencana mewujudkan pemerintahan yang profesional, berkeadilan, melayani, bersih, terpercaya, efektif, dan efisien. “Kita akan merangkul semua kalangan dalam pemerintahan,” ujarnya.
  3. Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal: Fokus utamanya adalah pada pelayanan dasar di bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, ketentraman, ketertiban umum, perlindungan masyarakat, dan sosial. “Pondasi pembangunan Aceh Timur harus berkeadilan dan berkelanjutan,” tegasnya.
  4. Perencanaan Pembangunan Komprehensif: Dr. Firman Dandy S.E M.Si menekankan pentingnya perencanaan pembangunan yang komprehensif dan terintegrasi berbasis keunggulan dan potensi kawasan.
  5. Pembangunan Sumber Daya Manusia: Ia akan mengembangkan sumber daya manusia melalui sinkronisasi pendidikan umum, pendidikan berbasis Dayah, pelatihan vokasi, peningkatan prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.
  6. Pembangunan Ekonomi: Pembangunan ekonomi akan difokuskan pada tujuh kekuatan: pemanfaatan sumber daya alam, ketahanan pangan, seni budaya dan ekonomi kreatif, pariwisata halal, pemberdayaan koperasi dan UMKM, entrepreneurship, dan ekonomi digital.
  7. Pengentasan Kemiskinan: Pengentasan kemiskinan akan dilakukan dengan pola terpadu dan terintegrasi melalui pembangunan sistem pertanian yang memanfaatkan keterkaitan antara tanaman pangan, peternakan, dan perikanan.

Dr. Firman Dandy S.E M.Si menegaskan bahwa pengalaman dan keilmuannya dalam bidang perencanaan pembangunan dan anggaran daerah selama 20 tahun akan digunakan untuk merealisasikan visi ini.

“Saya ingin bisa menentukan menu pembangunan yang diinginkan oleh masyarakat Aceh Timur,” Tutup Firman Dandy. (*)