Tim Rimueng Nanggroe USK Kembali Menoreh Prestasi Cemerlang dan Membanggakan

oleh -1938 Dilihat
oleh

Banda Aceh|Bitranusantara.co.id – Tim Rimueng Nanggroe dari Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK) mendapatkan 6 prestasi cabang lomba dan 1 prestasi juara umum pada perhelatan Depati Amir Mining Competition (DAMC) – IV 2024.

Depati Amir Mining Competition – IV 2024 merupakan perlombaan bidang pertambangan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Bangka Belitung dari 24 – 29 Juni 2024 di Pangkal Pinang. Kegiatan ini memperlombaan 8 cabang lomba yaitu Written Test, Mine Plan Design, Bench Blasting, Mine Surveying, Sluice Box, Tie In Underground Blasting, Grain Counting Analysis, dan Bangka Drill.

Tim Rimueng Nanggroe yang terdiri dari Mahasiswa Teknik Pertambangan Fakultas Teknik USK yaitu Syah Reza Saragih (Manajer), Muhammad Surya Perdana, Muhammad Fathur Rahman, Muhammad Hanin Rizfi, Rama Ayuni, dan Bobi Histori Munthe berhasil memenangkan 6 cabang lomba sekaligus pada kompetisi DAMC – IV yang diikuti oleh 6 Universitas di Indonesia yaitu Universitas Syiah Kuala, Universitas Trisakti, Universitas Islam Bandung, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Jambi, dan Universitas Bangka Belitung.

Perolehan Tim Rimueng Nanggroe pada kompetisi DAMC – IV yaitu Juara 2 Umum, Juara 1 Written Test, Juara 1 Tie In Underground Blasting, Juara 3 Mine Plan Design, Juara 3 Sluice Box, Juara 3 Grain Counting Analysis, dan Juara 3 Bangka Drill.

“Alhamdulillah atas izin Allah yang telah memberikan prestasi ini, berkat doa, ikhtiar dan dukungan seluruh pihak, Tim Rimueng Nanggroe bisa memenangkan 6 cabang lomba dan bisa menjadi juara 2 umum.”

“Dalam prosesnya, Tim Rimueng Nanggroe banyak melewati rintangan-rintangan, baik sebelum lomba dan saat lomba. Namun, hal itulah yang menyatukan dan menguatkan kami hingga bisa menorehkan prestasi” ucap Muhammad Fathur Rahman selaku Ketua Tim.

Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan USK, Teuku Alwanda Gunawan, mengapresiasi dan bersyukur terhadap pencapaian yang diraih oleh tim Rimueng Nanggroe,

“Alhamdulillah, berkat kerja keras dan kegigihan teman-teman Rimueng, baik dalam ikhtiar dan doa, Allah berikan kemenangan ini atas usaha tersebut. Walaupun dalam prosesnya, masih banyak terkendala baik dalam fasilitas Latihan ataupun hal-hal lainnya, tapi ini tidak mengurangi semangat dan perjuangan tim Rimueng Nanggroe” ucapnya.

“Di Ajang DAMC IV ini ada beberapa lomba yang menjadi ciri khas dari daerah Bangka Belitung, seperti Bangka Drill, Sluice Box, dan Grain Counting Analysis. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi tim Rimueng Nanggroe dalam mempelajari dan mengkaji sistem perlombaan nya, Alhamdulillah, dalam tiga cabang lomba tersebut kita dapat meraih juara, walaupun dalam kondisi pertama kali terjun dalam cabang lomba tersebut.” Ucap Reza selaku manager tim.

Perlombaan-perlombaan seperti inilah yang meningkatkan daya saing serta keprestisiusan nya menjadikan anak-anak tambang terus bersaing secara sehat satu sama lain, selain bersaing antara satu sama lain, melalui ajang ini juga mahasiswa/i tambang di seluruh Indonesia dapat mempelajari dan mempraktekan secara langsung tahapan-tahapan dalam aktivitas pertambangan secara simulasi sederhana.

Selain itu, ajang-ajang seperti ini merupakan terobosan yang dapat meningkatkan citra dan kebanggaan bagi almamater para mahasiswa. Berjuang dan bersaing dengan membawa nama almamater juga merupakan kebangaan dan suatu kehormatan, baik di tingkat regional sampai dengan internasional.

“Semoga dengan prestasi yang telah didapatkan, tim Rimueng Nanggroe terus konsisten dan berkembang kedepannya, harapannya, fasilitas dan pendanaan untuk perlombaan dapat terus meningkat, agar semakin banyak prestasi-prestasi yang dapat diraih oleh tim Rimueng Nanggroe” ucap Fathur.

”Alhamdulillah tim Rimueng Nanggroe Teknik Pertambangan FT USK berhasil meraih prestasi yang membanggakan di tingkat nasional, yaitu di ajang DAMC IV 2024, tentunya hal ini menunjukkan daya saing dan kompetensi mahasiswa Teknik Pertambangan FT USK yang tinggi, hal-hal seperti ini harus terus diapresiasi dan didampingi secara berkelanjutan agar melahirkan prestasi-prestasi gemilang lainnya dikemudian hari” ujar ketua prodi Ir. Pocut Nurul Alam, MT.

“Melalui wadah HMTP USK, Prodi Teknik Pertambangan FT USK berkomitmen penuh dalam mendukung mahasiswa Teknik Pertambangan FT USK untuk meraih prestasi baik nasional maupun internasional” tegasnya.

Program studi (Prodi) S1 Teknik Pertambangan FT USK menjadi satu-satunya program studi dalam disiplin ilmu pertambangan yang ada di Provinsi Aceh. Dr. Ir. Farid Mulana, S.T., M.Eng selaku Wakil Dekan Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Fakultas Teknik sangat bersyukur dan bangga dengan capaian prestasi ini.

Fakultas Teknik USK tentunya terus mendukung dan mendorong serta memfasilitasi mahasiswa Fakultas Teknik untuk ikut serta dalam lomba-lomba baik di level nasional maupun internasional mulai dari tahapan persiapan sampai dengan ajang perlombaan, konsistensi inilah yang menjadi alasan utama mahasiswa/i FT USK terus berkarya dan berprestasi.

Pencapaian prestasi ini juga selaras dalam meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Syiah Kuala. Tim Rimueng Nanggroe HMTP USK juga mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya atas segala dukungan dan doa dari berbagai pihak.